ORGANISASI
Ø
Pengertian Organisasi :
Organisasi yaitu sekumpulan
orang yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai manajemen.
Ø
Ciri-ciri Organisasi :
·
Adanya
suatu kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal
·
Adanya
kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain saling berkaitan (interdependent
part) yang merupakan kesatuan kegiatan
·
Tiap-tiap
orang memberikan sumbangan atau kontribusinya berupa; pemikiran, tenaga, dan
lain-lain
·
Adanya
kewenangan, koordinasi dan pengawasan, Adanya tujuan yang ingin dicapai
Ø
Unsur-unsur Organisasi :
· orang-orang(sekumpulan orang);
· kerjasama, dan
· tujuan yang ingin dicapai
· peralatan atau equipment
· lingkungan
· kekayaan alam
· kerangka/konstruksi mental organisasi
Ø
Teori Organisasi :
- teori organisasi klasik ( teori organisasi tradisional):
1.
Teori
biokrasi
2.
teori
administrasi
3.
manjemen
ilmiah
- teori neo klasik(teori hubungan manusiawi)
menekankan
pentingnya aspek psikologi dan sosial karyawan.
- teori modern
semua unsur organisasi sebagai satu
kesatuan dan saling ketergantungan.
secara ringkas dapat kita simpulkan bahwa organisasi secara
garis besar memiliki tiga unsur yaitu sekumpulan orang(orang-orang),kerjasama
dan , tujuan bersama.ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan
satu kesatuan.dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan oleh p-ara
ahli tidak satupun yang memiliki kebenaran yang mutlak.dan diantara berbagai
macam teori organisasi tersebut saling mengisi dan saling melengkapi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar