Analisis
pengaruh bonus terhadap kinerja kerja karyawan, loyalitas karyawan dan semangat
kerja karyawan pada perusahaan Cakra Adi Mandiri selama periode 2013
Bab 1
pendahuluan
1.1
Latar belakang
Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bonus terhadap kinerja kerja
karyawan, loyalitas karyawan dan semangat kerja karyawan pada perusahaan cakra
adi mandiri yang bergerak dibidang otomotif, penelitian ini sangat penting
terutama untuk perusahaan agar mengetahui seberapa besar efektifitas pemberian
bonus diluar gaji pada karyawan agar perusahaan tersebut tidak mengalami
kerugian selain itu dari penelitian ini dapat disimpulkan dalam jangka berapa
lama pemberian bonus tersebut diberikan terhadap karyawan dan penelitian ini
dilakukan untuk memberikan kita manfaat lain seperti menambah pengetahuan atau
menjawab pertanyaan kita selama ini bagaimana respon yang diberikan karyawan
terhadap bonus apakah mendapatkan respon baik atau tidak.
Manfaat lainnya yaitu dengan
penelitian ini diharapkan penulis dapat mengetahui sikap karyawan terhadap
bonus yang diberikan, sebelum terjun langsung kelapangan sebagai pemilik
perusahaan atau sebagai petinggi diperusahaan tersebut.Hal ini dilakukan tidak
lain untuk memajukan perusahaan tersebut dan untuk memotivasi para karyawan
agar bekerja lebih optimal dan prusahaan cakra adi mandiri mendapatkan laba
yang maksimal.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan penelitian
ini dapat diidentifikasi permasalahannya yaitu :
1. Bagaimanakah
pengaruh bonus terhadap kinerja karyawan diperusahan cakra adi mandiri
2. Seberapa
besar pengaruh bonus terhadap loyalitas karyawan perusahaan cakra adi mandiri
3. Seberapa
besar bonus mempengaruhi semangat kerja karyawan perusahaan cakra adi mandiri.
Tujuan
Penelitian
1.
Untuk mengetahui bagaimana seberapa
besar pengaruh bonus terhadap karyawan disuatu perusahaan
2.
Untuk mengetahui bagaimana
pengaruh bonus terhadap kualitas
kridibilitas kerja karyawan pada
perusahaan.
3.
Untuk mengetahui bagaimana pengaruh
bonus karyawan terhadap kualitas kridibilitas
kerja karyawan pada perusahaan.
Batasan
Masalah
Dalam penelitian ini akan dibahas beberapa masalah yang
mempengaruhi kinerja karyawan, loyalitas karyawan dan semangat kerja
Bab
2
Landasan
teori
2.1 dalam buku “ manajemen
sumber daya manuusia” karya susilo
Martoyo, S.E mengatakan dalam teorinya yang berhubungan langsung dengan
kepuasan kerja, yang didasarkan pada penelitian bersama di kota Pitsubrug dan
sekitarnya. Dari hasil penelitian ini dikembangkan suatu gagasan bahwa ada 2
rangkaian kondisi yang mempengaruhi seseorang didalam pekerjaannya :
a. Rangkaian
kondisi pertama disebut “ factor motivotor”
b. Rangkaian
kondisi kedua disebut “ factor hygiene”
Dalam
penelitiannya juga mengemukakan yakni factor-faktor yang berperan sebagai
motivator terhadap karyawan terdiri dari :
a. Achieverement
(keberhasilan Pelaksanaan )
b. Recognition
(pengakuan)
c. The
Work itself (pekerjaan itu sendiri)
d. Respodensibilities
( tanggung jawab)
e. Advancement
(pengembangan)
rangkaian faktor-faktor
tersebut memang melukiskan hubungan seseorang dengan apa yang dikerjakannya
(job contens); yakni kandungan kerjanya, prestasi pada kerjanya, penghargaan atas prestasi yang dicapainya dan
peningkatan dalam tugasnya.
Sedangkan
factor hygiene yang merupakan factor kedua, dapat menimbulkan rasa tidak puas
kepada pegawai atau dengan kata lain “demotivasi”,Terdiri dari :
a. Company
policy and adminitrasion (kebijaksanaan dan administrasi)
b. Technical
supervisor (supervisi)
c. Interpersonal
supervision (hubungan antarpribadi)
d. Working
condistion (kondisi kerja)
e. Wages
(gaji/upah)
Apabila
factor-faktor hygiene ini diperbaiki, maka menurut Drs. Manullang tidak ada
pengaruhnya terhadap sikap kerja yang positif, tetapi Kalau diabaikan atau dibiarkan
tidak sehat, maka karyawan akan timbul ketidakpuasan.
Kompensasi
juga mempengaruhi kualitas kredibilitas kerja seprti yang dikemukakan oleh
Andrew E. Sikula dalam bukunya menyatakan bahwa “pengturan keseluruhan
pemberian balas jasa bagi employers maupun employees baik yang langsung berupa
uang (financial) Maupun yang tidak langsung berupa uang (nonfinancial)”. Dengan
definisi tersebut dapat disadari bahwa kompensasi cukup mempengaruhi kualitas
kredibilitas kerja karyawan.
Selain motivasi dan
kompensasi ada juga yang mempengaruhi kualitas kredibilitas kerja karyawan.
Dalam buku “personnel Manajemen” yang di tulis oleh Arun Manoppa dan Mirzas
Sayadin dan dikutip oleh Drs. Manullang yaitu menyatakan bahwa suatu
promosi belom tentu menambah penghasilan, namun umum bertambah tanggung jawab.
Dan akibatnya tanggung jawab tersebut umunya akan bertambah penghasilan.
Bab
3
Metodologi
Penelitian
1.1 lokasi
penelitian berada didaerah kota Bogor, Jawa Barat dan waktu penelitian dipilah
saat jam istirahat yaitu jam 12.00-13.00 dan pada jam pulang kantor yaitu
17.00, waktu penelitian diusahakan untuk tidak mengganggu jam kerja karyawan
agar penelitian dapat berjalan lancar dan tidak mengganggu karyawan.
1.2 Metode
pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap salah satu karyawan
PT. Adi cakra mandiri dan kuisioner yang disebarkan kepada karyawan, waktu
pengisian kuisioner pada saat jam istirahat agar karyawan dapat mengisi
kuisioner dengan benar dan tidak mengganggu jam kerja.
1.3 Jenis
dan sumber data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Sumber data yang digunakan yaitu data primer karena
tidak adanya data-data sebelumnya, dengan menggunakan
data primer diharapkan akan mendapatkan hasil yang akurat.
1.4 Metode
analisis yang digunakan yaitu:
-Hipotesis merupakan
dugaan sementara dari hasil penelitian. Hipotesis pada penelitian ini adalah
untuk mengetahui berapa besar pengaruh analisis bonus terhadap karyawan, apakah
berdampak positif atau negatif terhadap kinerja karyawan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar