Selasa, 21 Januari 2014

Membuat Outline Penulisan Ilmiah

Analisis pengaruh bonus terhadap kinerja kerja karyawan, loyalitas karyawan dan semangat kerja karyawan pada perusahaan Cakra Adi Mandiri selama periode 2013

Bab 1
pendahuluan


1.1 Latar belakang
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bonus terhadap kinerja kerja karyawan, loyalitas karyawan dan semangat kerja karyawan pada perusahaan cakra adi mandiri yang bergerak dibidang otomotif, penelitian ini sangat penting terutama untuk perusahaan agar mengetahui seberapa besar efektifitas pemberian bonus diluar gaji pada karyawan agar perusahaan tersebut tidak mengalami kerugian selain itu dari penelitian ini dapat disimpulkan dalam jangka berapa lama pemberian bonus tersebut diberikan terhadap karyawan dan penelitian ini dilakukan untuk memberikan kita manfaat lain seperti menambah pengetahuan atau menjawab pertanyaan kita selama ini bagaimana respon yang diberikan karyawan terhadap bonus apakah mendapatkan respon baik atau tidak.
Manfaat lainnya yaitu dengan penelitian ini diharapkan penulis dapat mengetahui sikap karyawan terhadap bonus yang diberikan, sebelum terjun langsung kelapangan sebagai pemilik perusahaan atau sebagai petinggi diperusahaan tersebut.Hal ini dilakukan tidak lain untuk memajukan perusahaan tersebut dan untuk memotivasi para karyawan agar bekerja lebih optimal dan prusahaan cakra adi mandiri mendapatkan laba yang maksimal.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan penelitian ini dapat diidentifikasi permasalahannya yaitu :
1.      Bagaimanakah pengaruh bonus terhadap kinerja karyawan diperusahan cakra adi mandiri
2.      Seberapa besar pengaruh bonus terhadap loyalitas karyawan perusahaan cakra adi mandiri
3.      Seberapa besar bonus mempengaruhi semangat kerja karyawan perusahaan cakra adi mandiri.
Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui bagaimana seberapa besar pengaruh bonus terhadap karyawan disuatu perusahaan
2.      Untuk mengetahui bagaimana pengaruh  bonus terhadap kualitas kridibilitas  kerja karyawan pada perusahaan.
3.      Untuk mengetahui bagaimana pengaruh bonus karyawan terhadap kualitas kridibilitas  kerja karyawan pada perusahaan.
Batasan Masalah
            Dalam penelitian ini akan dibahas beberapa masalah yang mempengaruhi kinerja karyawan, loyalitas karyawan dan semangat kerja

Bab 2
Landasan teori
2.1 dalam buku “ manajemen sumber daya  manuusia” karya susilo Martoyo, S.E mengatakan dalam teorinya yang berhubungan langsung dengan kepuasan kerja, yang didasarkan pada penelitian bersama di kota Pitsubrug dan sekitarnya. Dari hasil penelitian ini dikembangkan suatu gagasan bahwa ada 2 rangkaian kondisi yang mempengaruhi seseorang didalam pekerjaannya :
a.       Rangkaian kondisi pertama disebut “ factor motivotor”
b.      Rangkaian kondisi kedua disebut “ factor hygiene”
Dalam penelitiannya juga mengemukakan yakni factor-faktor yang berperan sebagai motivator terhadap karyawan terdiri dari :
a.       Achieverement (keberhasilan Pelaksanaan )
b.      Recognition (pengakuan)
c.       The Work itself (pekerjaan itu sendiri)
d.      Respodensibilities ( tanggung jawab)
e.       Advancement (pengembangan)
rangkaian faktor-faktor tersebut memang melukiskan hubungan seseorang dengan apa yang dikerjakannya (job contens); yakni kandungan kerjanya, prestasi pada kerjanya,  penghargaan atas prestasi yang dicapainya dan peningkatan dalam tugasnya.
Sedangkan factor hygiene yang merupakan factor kedua, dapat menimbulkan rasa tidak puas kepada pegawai atau dengan kata lain “demotivasi”,Terdiri dari :
a.       Company policy and adminitrasion (kebijaksanaan dan administrasi)
b.      Technical supervisor (supervisi)
c.       Interpersonal supervision (hubungan antarpribadi)
d.      Working condistion (kondisi kerja)
e.       Wages (gaji/upah)
                                                                                                                                 
Apabila factor-faktor hygiene ini diperbaiki, maka menurut Drs. Manullang tidak ada pengaruhnya terhadap sikap kerja yang positif, tetapi Kalau diabaikan atau dibiarkan tidak sehat, maka karyawan akan timbul ketidakpuasan.
Kompensasi juga mempengaruhi kualitas kredibilitas kerja seprti yang dikemukakan oleh Andrew E. Sikula dalam bukunya menyatakan bahwa “pengturan keseluruhan pemberian balas jasa bagi employers maupun employees baik yang langsung berupa uang (financial) Maupun yang tidak langsung berupa uang (nonfinancial)”. Dengan definisi tersebut dapat disadari bahwa kompensasi cukup mempengaruhi kualitas kredibilitas kerja karyawan.
Selain motivasi dan kompensasi ada juga yang mempengaruhi kualitas kredibilitas kerja karyawan. Dalam buku “personnel Manajemen” yang di tulis oleh Arun Manoppa dan Mirzas Sayadin dan  dikutip oleh   Drs. Manullang yaitu menyatakan bahwa suatu promosi belom tentu menambah penghasilan, namun umum bertambah tanggung jawab. Dan akibatnya tanggung jawab tersebut umunya akan bertambah penghasilan.


Bab 3
Metodologi Penelitian
1.1  lokasi penelitian berada didaerah kota Bogor, Jawa Barat dan waktu penelitian dipilah saat jam istirahat yaitu jam 12.00-13.00 dan pada jam pulang kantor yaitu 17.00, waktu penelitian diusahakan untuk tidak mengganggu jam kerja karyawan agar penelitian dapat berjalan lancar dan tidak mengganggu karyawan.
1.2  Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap salah satu karyawan PT. Adi cakra mandiri dan kuisioner yang disebarkan kepada karyawan, waktu pengisian kuisioner pada saat jam istirahat agar karyawan dapat mengisi kuisioner dengan benar dan tidak mengganggu jam kerja.
1.3  Jenis dan sumber data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Sumber data yang digunakan yaitu data primer karena tidak adanya data-data sebelumnya, dengan menggunakan data primer diharapkan akan mendapatkan hasil yang akurat.
1.4  Metode analisis yang digunakan yaitu:
-Hipotesis merupakan dugaan sementara dari hasil penelitian. Hipotesis pada penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh analisis bonus terhadap karyawan, apakah berdampak positif atau negatif terhadap kinerja karyawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar